Waktunya Belajar Membaca

17 10 2008

Ini A…Abah

Ini B…Babu

Ini C…Cumi

Hahaha….mungkin seperti inilah yang terjadi kalau anak-anak TK belajar membaca. Jadi inget dulu pas gwe diajarin baca.

Dulu gwe bisa membaca saat kelas nol besar. Bokap gwe punya metode keren buat ngajarin gwe membaca. Padahal yang namanya Yoga tuh paling susah belajar membaca. Kadang ketuker-tuker antara C ma E. Sampai akhirnya bokap gwe ngomong,”C itu giginya dua, kalo E giginya 3″. Yang kebayang dari gwe waktu itu pasti karena C suka makan permen tapi males gosok gigi.

Cara belajarnya mudah sebenarnya. Mungkin bisa dijadikan referensi buat ayah-ayah muda yang sedang mengajar anaknya belajar membaca.

1. Ambil sebuah papan triplek, berukuran 1×1,5 m (buat apa? tunggu duluuu…)

2. Ambil sejumlah paku berukuran sedang dan sebuah palu (nah ini buat apa lagi? Buat ngetok kepala anak anda kalo gak mau belajar. Hahahaha….ya nggak lah!)

3. Tancapkan paku pada papan dengan cara 5 kolom di kanan (jumlah barisnya terserah) dan 10 kolom di kiri.

4. Selanjutnya belilah papan karton di warung terdekat (jauh juga gpp), yang agak tebal, terus potong-potong dengan ukuran 7×4 cm. Dan jangan lupa di kasih lubang, sebesar paku tadi di bagian atasnya.

5. Kasih huruf-huruf dengan spidol hitam(huruf kecil aja, jangan pakai huruf kapital), yang tebal dan besar biar kalo anak anda agak sete matanya bisa tetep kliatan. Buatnya dari A-Z dengan masing-masing 5 buah huruf atau jumlah terserah anda

6. Nah, udah jadi deh papan berpaku untuk belajar membaca. 5 kolom di kanan untuk menyimpan persediaan huruf, 10 kolom di kiri untuk menyusun kata-kata.

Cukup maksimal koq untuk mengajar membaca. Buktinya hal itu berhasil pada saya. Oya 1 tips lagi, ajak anak anda belajar sambil bermain atau sambil makan sore. Anak-anak gak suka kalo belajar serius layaknya orang dewasa.

Pas akhir nol besar saya sudah bisa membaca lancar, saking sombongnya ngajak temen saya ikutan belajar membaca, “Chandra sini!! Kita belajar yuk!! B-A BA, B-I BI, BABI!!”. Plakk…ditampar ayah.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: