Kuliah Apa Kerja Rodi?

22 10 2008

Ada yang pernah denger IT Telkom? Yups, disitulah aku menuntut ilmu. Hahahaha….padahal cuma tidur doank kerjaannya. Anyway, ini mungkin adalah sekelumit cerita gwe tentang kehidupan sebagai mahasiswa IT Telkom

IT Telkom, yang gwe tahu memang ajaib. Awalnya entah kenapa gwe sama sekali gak tertarik ma kampus ini. Pake seragam SMP (Putih-Biru), pake sepatu pantopel (awalnya tahunya gtu, tapi ternyata itu cuma pas ospek), sama sekali jauh dari bayangan gwe sebagai kampus.

Tahun pertama gwe lewatin dengan hancur lebur. Hahahaha….Tercatat IPk tahun pertama cuma 2,38. Nah lo,ancur abis kan? Tapi justru dengan begitu gwe sadar bahwa hidup di kampus ini gak mudah. Yang tadinya gwe sombong (dulu jaman SMA gak pernah belajar tapi nilai gwe baik-baik aja), sekarang harus kerja mati-matian. Gwe biarin aja tuh nilai ngejogrok segitu, yang penting dalam hati gwe udah niat bales dendam di semester-semester berikutnya.

Tahun kedua, gwe mulai berubah sdikit demi sedikit. Yang tadinya quiz gak pernah nyentuh buku, skrg udah mulai nyentuh. Buka-buka halaman, baca judulnya abis ntu tutup lagi. Hahaha..yang penting ada kemajuan.

Tugas praktikum tahun kedua yang menumpuk pun gwe kerjain, dibela-belain gak tidur hampir 3 hari gara-gara ngerjain modul 3 APK. Damn!! Tpi akhirnya terbayar juga setelah pengumuman nilai keluar. IP gwe meningkat pesat. Alhamdulillah…

Dulu kampus ini disebut STT Telkom, yang sering di plesetin menjadi Sekolah Tanpa Tidur Telkom, lagaknya emang bener. Emang begitulah kenyataannya, kehidupan kost kampus ini serasa 24 jam. Hari Minggu dan Sabtu adalah waktunya mahasiswa begadang, ngerjain TP atau laporan. Malam-malam lainnya pun tak ubahnya seperti itu.

Tahun ke 3 masih sama. Bahkan semakin menggila. Hidup segan, matipun tak mau. Pernah hampir nangis gara-gara tugas besar menumpuk. Ditambah gwe aktif di organisasi, proker gwe banyak dan masih ada yang belum gwe kerjain.

Bener-bener sebuah tahun yang penuh dengan uji coba, amanah banyak, tugas menumpuk, keuangan menipis, tapi alhamdulillah masih diberi sahabat-sahabat terbaik yang gwe kenal. Di kampus inilah gwe bener-bener mengenal persahabatan.

Masih inget banget ketika Satpam SMA (gwe biasanya suka ngobrol ma satpam, pedekate biar kalau mau bolos gampang) gwe ngomong kalau kehidupan kampus berbeda jauh dari kehidupan SMA. Individualisme lebih berperan disini. Gak ada lagi tuh tolong menolong,elo-elo, gwe-gwe.

Awal-awal kuliah memang aku merasa begitu, semuanya terkesan individualistis. Tapi setelah tahun kedua, setelah aku kenal dengan anak-anak CS, aku nemuin sebuah persahabatan. Belajar bareng, bagi-bagi master laporan praktikum, TP, pokoknya asik dah. Tanpa mereka mungkin gwe bakal kesusahan buat belajar.

Tahun ketiga pun akhirnya berjalan lancar. Mungkin ini juga berkat do’a kedua ortuku.

Sekarang aku udah masuk tahun ke 4. IPk ku pun sudah masuk angka 3 ke atas, sebuah perjuangan yang luar biasa untuk menaikkannya. Kehidupan kampus masih terasa menyiksa seperti biasanya. Tapi kali ini berbeda, aku menjadi sangat menikmatinya. Karena ada sahabat, ada semangat, ada mimpi dan yang pasti ada kebanggan sebagai mahasiswa IT Telkom.

Tahun terahir, kerinduan akan rutinitas kampus pun pasti bakal aku rasakan. Kampus yang tak tahu beda antara siang dan malam, kampus yang gak mengenal weekend, dan Kampus yang gak bisa membedakan antara Kuliah dan Kerja Rodi.

*untuk teman-teman seangkatan dan seperjuangan di kampus tercinta*


Actions

Information

One response

22 10 2008
Nina

Ada pe er di blogku… dikerjain yah..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: