Andai Aku Menjadi

31 03 2009

Pernah ketika gwe gi ngobrol ma ibu, ngomongin masalah kegiatanku setelah lulus nanti, gwe tiba-tiba nyeletuk,”Aku pengen jarak waktu antara aku sidang sampe aku wisuda nanti jualan di pasar. Entah jualan tempe atau jualan jajan anak-anak, aku pengen nglakuin itu. Atau kalo uangku belum cukup, aku pengen ikut orang jualan.”
tempe
Ibuku menganggap itu cukup aneh. Tapi bagiku, belajar hidup mulai dari bawah, belajar hidup kekurangan, belajar mencukupi kebutuhan hidup sendiri dari usaha kecil, aku rasa itu akan membentuk karakterku. Dan ketika aku sukses dengan pekerjaan yang lebih baik, aku akan menjadi orang yang bersyukur berapapun penghasilanku.

Sebenarnya sederhana. Aku sudah mengumpulkan modal usaha kecilku dari uang bulanan yang orang tuaku kirimkan. Aku buka tabungan sendiri untuk modal usahaku. Berapapun hasil tabunganku itu, dengan batas akhir setelah aku menyelesaikan sidang dan revisinya sekaligus, aku akan mencoba usaha.

Aku ingin merasakan hidup satu bulan di kotaku sendiri (Pekalongan) tapi tidak tinggal dengan orang tuaku. Tiap hari berangkat ke pasar untuk jualan, bergaul dengan pedagang-pedagang, dan belajar banyak hal dari mereka. Tentang bagaimana kesederhanaan itu, tentang enterpreneurship, tentang mengelola dagangan, dan bagaimana berhubungan dengan pelanggan. Sepertinya itu akan menyamai pendidikan yang aku tempuh selama 4 tahun kuliahku.

Setelah itu? Setelah itu aku akan wisuda, melanjutkan S2, bekerja di bagian marketing perusahaan telekomunikasi atau perusahaan Multinasional, dan membawa semua pengalamanQ selama 1 bulan itu. Aku simpan itu sebagai kenangan terindah dan bagian dari pelajaran berharga dalam hidupku. Tentunya aku akan mempunyai lebih banyak saudara setelah itu.

Itu rencanaku…

Berharap semuanya mendapat ijin dari Tuan dan Nyonya Besar di rumah dan juga Allah SWT.  Atau barangkali akan ada yang memberi modal dengan nominal maksimal 500ribu. Maksimal…aku gak mau menerima lebih dari itu.🙂


Actions

Information

One response

1 04 2009
acie

interesting..
bniat jd invstor nie,.
tnanan tp lho..
klo dah siap,.hubngi q y..

Leave a Reply

